Recent Posts

Selasa, 04 Oktober 2011

ALAT PERAGA EDUKATIF (APE)



          Alat Peraga Edukatif adalah alat atau permainan yang dapat merangsang daya berfikir anak, misalnya dapat melatih sensor motorik, daya konsentrasi, imajinasi, dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh anak. Permainan ini biasanya dapat kita jumpai di TK maupun PAUD namun tahukah anda kalau permainan edokatif tersebut banyak manfaatya, antara lain :
  1. Melatih kemampuan motorik
    Stimulasi untuk motorik halus diperoleh saat anak menjumput mainannya, meraba, memegang dengan kelima jarinya, dan sebagainya. Sedangkan rangsangan motorik kasar didapat anak saat menggerak-gerakkan mainannya, melempar, mengangkat, dan sebagainya.

  1. Melatih konsentrasi
    Mainan edukatif dirancang untuk menggali kemampuan anak, termasuk kemampuannya dalam berkonsentrasi. Saat menyusun pasel, katakanlah, anak dituntut untuk fokus pada gambar atau bentuk yang ada di depannya -- ia tidak berlari-larian atau melakukan aktivitas fisik lain sehingga konsentrasinya bisa lebih tergali. Tanpa konsentrasi, bisa jadi hasilnya tidak memuaskan.

  1. Mengenalkan konsep sebab akibat
    Contohnya, dengan memasukkan benda kecil ke dalam benda yang besar anak akan memahami bahwa benda yang lebih kecil bisa dimuat dalam benda yang lebih besar. Sedangkan benda yang lebih besar tidak bisa masuk ke dalam benda yang lebih kecil. Ini adalah pemahaman konsep sebab akibat yang sangat mendasar.

  1. Melatih bahasa dan wawasan
    Permainan edukatif sangat baik bila dibarengi dengan penuturan cerita. Hal ini akan memberikan manfaat tambahan buat anak, yakni meningkatkan kemampuan berbahasa juga keluasan wawasannya.

  1. Mengenalkan warna dan bentuk
    Dari mainan edukatif, anak dapat mengenal ragam/variasi bentuk dan warna. Ada benda berbentuk kotak, segiempat, bulat dengan berbagai warna; biru, merah, hijau, dan lainnya.

dibawah ini adalah beberapa contoh permaina edukatif :







2 komentar:

ooowh ini nih alat yang sangat berguna... karena sejak kecil maenan ginian (huruf2), saya udh bisa baca umur 3 tahun tanpa diajari...
Blog yang simpel tapi menarik dan memiliki posting yang informatif... Kalo berkenan, tukeran link yuk???

Trima kasih komentarnya, , , !!!
nanti aq link ke blog kmu .....

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More