Recent Posts

Minggu, 13 Januari 2013

Pendidikan Anak Usia Dini


Di negara kita khususnya dari pedesaan seperti saya ini, banyak orang yang belum tahu dan mengerti apa sih Pendidikan Anak Usia Dini atau biasa disingkat  dengan PAUD.  Kebanyakan mengira PAUD adalah pendidikan yang dikhususkan untuk anak-anak dibawah usia 4 tahun. Padahal PAUD itu adalah pembinaan  yang diberikan pada anak-anak usia 0-6 tahun melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak siap memasuki pendidikan yang lebih lanjut.
 For your information, PAUD  itu dibagi menjadi 3 jalur  yaitu : 1. jalur formal seperti Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA) ke 2. ada jalur non formal contohnya seperti Playgroup atau Kelompok Bermain dan tempat penitipan anak (TPA)   dan yang ke 3. jalur informal seperti pendidikan dalam keluarga atau pendidikan yang di lakukan oleh lingkungan.
Nah, udah tahukan kalau PAUD itu bukan hanya untuk anak Playgroup atau anak usia 0-4 tahun saja namun juga untuk anak usia 4-6 tahun yang masuk dalam jalur formal.
Pendidikan usia  dini sekarang ini sedang gencar-gencarnya dikembangkan oleh pemerintah, karena di usia 0 - 6 tahun adalah masa golden age atau masa keemasan bagi anak. Diusia ini anak mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam berfikir. Karena itu usia dini harus di maksimalkan dengan  baik agar diperoleh hasil yang optimal.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More