Recent Posts

Selasa, 11 Oktober 2011

Kecerdasan Majemuk Pada Anak Usia Dini


Banyak sekali cara untuk menjadikan anak kita menjadi anak-anak yang cerdas, misalnya melalui kata-kata, angka, musik, gambar, kegiatan fisk (kemampuan motorik) atau lewat cara sosial-emosional. Itu karena, menurut Thomas Armstrong, Ph.D, periset kecerdasan anak dan penulis buku ‘In Their Own Way : Discovering and Encouraging Your Child’s Multiple Intelligences’, semua anak terlahir cerdas dan berbakat. Kalaupun ada yang tampak tak menonjol, itu karena beberapa anak menunjukkan bakatnya lebih lambat dibanding anak lain.
Dalam buku  ‘Intelligence Reframed : Multiple Intelligence for The 21st Century’ (1999), Howard Gardner, menjelaskan 9 kecerdasan yang tersimpan dalam otak manusia. Konsep kecerdasan ganda ini, bila dipahami dengan baik, akan membuat semua orangtua memandang potensi anak lebih positif. Terlebih lagi, para orangtua (guru) pun dapat menyiapkan sebuah lingkungan yang menyenangkan dan memberdayakan di rumah (di sekolah).
9 kecerdasan majemuk tersebut antara lain :
-          Kecerdasan Verbal Linguistic (Cerdas Kata)
Yaitu anak senang dan efektif berkomunikasi baik dengan lisan maupund engan tulisan.

-          Kecerdasan Logis Mathematics (Cerdas Angka)
Kecerdasan ini merupakan kecerdasan yang diunggulkan sejak lama yaitu sebagai kemampuan menggunakan angka dengan baik dan melakukan penalaran yang benar.  Cerdas secara matematis logis berarti cerdas angka dan cerdas dalam hokum logika berfikir.

-          Kecerdasan Visual Spasial (Cerdas Gambar Warna)
Kecerdasan ini dikaitkan dengan bakat seni khususnya seni lukis dan seni arsitektur, kecerdasan ini dapat didefinisikan sebagai kemampuan mempersepsi dunia visual spasial secara akurat serta mentransformasikan persepsi dalam berbagai bentuk.

-          Kecerdasan Musical (Cerdas Music/Lagu)
Kecerdasan musical merupakankemampuan menangani bentuk-bentuk musical, komponen kecerdasan musical ini meliputi kepekaan terhadap pola-pola tangga nada, melodi, warna nada atau warna suara suatu lagu.

-          Kecerdasan Kinestetik (Cerdas Gerak)
Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan mengontrol gerak tubuh, misalnya katif dalam kegiatan berenang, bersepeda, lari dll.

-          Kecerdasan Interpersonal (Cerdas Sosial)
Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan mencerna danmerespon secara tepat suasana hati. Kecerdasan ini mempunyai ciri antara lain : mempnyai banyak teman, suka bersosialisasi disekolah dsb.

-          Kecerdasan Intrapersonal (Cerdas Diri)
Kecerdasan intrapersonal memiliki ciri ; memperlihatkan sikap independen dan kemampuan kuat, bekerja atau belajar dengan baik seorang diri, memiliki rasa percaya diri yang tinggi dll.
  
-          Kecerdasan Naturalis (Cerdas Alam)
Ciri kecerdasan ini antara lain ; suka dan akrab pada berbagai hewan peliharaan, sangat menikmati jalan-jalan ditempat terbuka, suka berkebun dsb.

-          Kecerdasan Eksistensial (Cerdas Hakekat)
Ditandai dengan kemampuan berfikir sesuatu yag hakikat, seseorang yang cerdas secara eksistensial cenderung mempertanyakan hakekat kehidupan, mencari inti dari setiap permasalahan, memperjuangkan kebenaran.



Mata kuliah Perkembangan Kreatifitas AUD

Reaksi:

3 komentar:

Setiap manusia punya kecerdasan majemuk, jadi pemaksaan kurikulum di Indonesia menurut saya agak kurang tepat

trimakasih komentarnya, n saya kira kurikulum di Indoesia juga perlu diperbaiki.

Di indonesia banyak anak2 yang mempunyai kecerdasan majemuk, tetapi kadang disekolah maupun di rumah kurang mendapat dukungan. Sehingga kecerdasan yang dimiliki tidak bisa maksimal.

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More