Bahasa
merupakan alat komunikasi antara individu dengan masyarakat untuk mengutarakan
fikiran. Dan di Negara kita, bahasa Indonesia di sepakati sebagai bahasa
nasional pada tanggal 28 Oktober 1928 dalam sumpah pemuda.
Pada pendidikan
anak usia dini, pengembangan bahasa merupakan hal yang amat penting karena
dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan verbal anak. selain itu ada
banyak tujuan dalam mengembangkan bahasa pada anak usia dini antara lain :
1. Anak
akan mengenal berbagai kosa kata
2. Dengan
mengembangkan bahasa pada AUD, maka pembendaharaan kata yang dimiliki oleh
mereka akan semakin banyak.
3. Dapat merangsang kemampuan berkomunikasi, baik
secara lisan maupun tulisan.
4. Dapat
digunakan untuk melatih anak dalam mengapresiasikan bahasa. Misalnya melalui
puisi, pantun maupun saat mereka bercerita.
Aspek
bahasa pada pendidikan Anak Usia Dini ada 4, yaitu :
1. Membaca
Disaat
membaca, yang harus diperhatikan adalah lafal atau pengucapan yang benar. Dan
pada aspek ini, pendidik dituntut untuk mengajarkan cara melafalkan satu benda
atau kalimat dengan pelafalan yang benar. Dan perlu anda diketahui bahwa ada 4
macam membaca yaitu : 1. Membaca lancar, 2. Membaca dalam hati, 3. Membaca
indah, 4. Membaca lancar.
2. Menulis
Banyak
sekali metode menulis dan diantaranya adalah metode SAS ( Struktur analisis
Sintesis ). Dan ada teknik menulis bagi permulaan yang harus di perhatikan oleh
pendidik, yaitu :
1. Anak
diajarkan untuk memegang pensil dengan jari yang benar
2. Jarak
mata dengan buku 30 sampai 35 cm.
3. Posisi
buku harus tegak atau lurus, tidak boleh miring.
4. Usahakan
memakai buku halus atau buku strimin
5. Usahakan
memakai huruf tegak.
6. Dan
gunakan ejaan yang diwajibkan (EYD)
3. Menyimak
Menyimak
merupakan suatu kegiatan untuk mengikuti alur bacaan. Dan dengan menyimak kita
akan memahami isi dari bacaan. Kegiatan menyimak dapat dilakukan oleh guru dan
siswa, guru membaca dan siswa menyimak. Dan siswa dengan siswa, siswa yang
membaca dan siswa lain yang menyimak.
4. Bercerita
Bercerita adalah
mengungkapkan gagasan, ide, pendapat, pandangan, informasi, dalam bentuk lisan.
Kegiatan bercerita bagi anak sangat penting, karena dapat menumbuhkan daya
imajinasi pada diri mereka, selain itu guru juga dapat mengajarkan nilai-nilai
moral yang terkandung dalam cerita yang telah dibacakan.
0 komentar:
Posting Komentar