Recent Posts

Selasa, 15 Januari 2013

PIJAKAN LINGKUNGAN


*       Dasar:
         Anak menggunakan seluruh inderanya untuk belajar dari orang-orang dan lingkungan sekitarnya.
         Lingkungan yang tertata dan dapat diperkirakan dapat meminimalkan perilaku asosial
         Penataan dan jumlah bahan main yang tersedia untuk anak, merupakan dua faktor yang paling berpengaruh dalam program anak yang berkualitas
         tempat main dimana anak dapat bergerak dengan bebas dan memilih kegiatan mereka seharusnya dua setengah (2,5) tempat main setiap anak.
(Neuroscience, Torelli & Durrentt, 1998, Kritchevsky, Prescott, & Walling, Pamela Phelps)

INTI DARI PENATAAN LINGKUNGAN
*       Menyediakan 3 jenis main (main sensori motor, main peran, dan main pembangunan)
*       Menyediakan beragam kegiatan yang dapat dipilih dan dimainkan anak (densitas)
*       Setiap kegiatan main yang disediakan dapat dimainkan 2-3 anak untuk mendukung sosial kerjasama
*       Jumlah tempat main (kesempatan main) yang perlu disediakan 3 x jumlah anak

PENATAAN ALAT MAIN DI SENTRA
*       Persyaratan: 
*       Aman
*       Nyaman
*       Dapat diperkirakan
*       Mendukung kebutuhan perkembangan anak
*       Atraktif untuk mendukung anak untuk aktif, inisiatif, dan terlibat dalam kegiatan main dalam waktu yang lama (densitas alat main)
*       Mendukung perkembangan bahasa (reseptif dan ekspresif) dan sosial
*       Memperhatikan kenyamanan:
         Pengaturan alat dan bahan main tidak berdesak-desakan dan tidak mengganggu gerakan anak
         Memberikan sarana yang membuat anak nyaman saat main (ada meja untuk kegiatan menulis, alas yang stabil untuk membangun balok)
*       Dapat diperkirakan
         Alat main ditata sehingga memudahkan anak untuk mendapatkan dan mengembalikannya
*       Aman
         Seluruh bahan dan alat tidak membahayakan keselamatan dan kesehatan anak
         Semua tempat main dipastikan aman (tidak licin untuk main air)
*       Mendukung kebutuhan perkembangan anak
         Setiap sentra menyediakan 3 jenis main (main sensorimotor, main peran, main pembangunan)
*       Atraktif, mandiri, persisten
          Mengelola awal lingkungan main dengan bahan-bahan yang cukup (tiga tempat main untuk setiap anak)
         Merencanakan untuk intensitas dan densitas pengalaman
         Memiliki berbagai bahan yang mendukung pengalaman keaksaraan
*       Mendukung bahasa dan sosial
         Alat dan bahan main ditata untuk dua anak atau lebih
         Untuk alat dan bahan yang baru sebaiknya disediakan di beberapa tempat
         Memperkenalkan alat baru dilakukan secara bertahap, tidak perlu semua alat baru yang berbeda jenis dikeluarkan
        Buku ditata di semua tempat untuk mendukung keaksaraan anak

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More