Dasar:
–
Anak menggunakan seluruh inderanya
untuk belajar dari orang-orang dan lingkungan sekitarnya.
–
Lingkungan yang
tertata dan dapat diperkirakan dapat meminimalkan perilaku asosial
–
Penataan dan
jumlah bahan main yang tersedia untuk anak, merupakan dua faktor yang paling
berpengaruh
dalam program anak yang berkualitas
–
tempat main dimana anak dapat
bergerak dengan bebas dan memilih kegiatan mereka seharusnya dua setengah (2,5)
tempat main setiap anak.
(Neuroscience, Torelli &
Durrentt, 1998, Kritchevsky, Prescott, & Walling, Pamela Phelps)
INTI DARI
PENATAAN LINGKUNGAN
Menyediakan 3 jenis main (main
sensori motor, main peran, dan main pembangunan)
Menyediakan beragam kegiatan yang
dapat dipilih dan dimainkan anak (densitas)
Setiap kegiatan main yang disediakan
dapat dimainkan 2-3 anak untuk mendukung sosial kerjasama
Jumlah tempat main (kesempatan main)
yang perlu disediakan 3 x jumlah anak
PENATAAN
ALAT MAIN DI SENTRA
Persyaratan:
Aman
Nyaman
Dapat diperkirakan
Mendukung kebutuhan perkembangan
anak
Atraktif untuk mendukung anak untuk
aktif, inisiatif, dan terlibat dalam kegiatan main dalam waktu yang lama
(densitas alat main)
Mendukung
perkembangan bahasa (reseptif dan ekspresif) dan sosial
Memperhatikan
kenyamanan:
–
Pengaturan alat dan bahan main tidak
berdesak-desakan dan tidak mengganggu gerakan anak
–
Memberikan sarana yang membuat anak
nyaman saat main (ada meja untuk kegiatan menulis, alas yang stabil untuk
membangun balok)
Dapat
diperkirakan
–
Alat main ditata sehingga memudahkan
anak untuk mendapatkan dan mengembalikannya
Aman
–
Seluruh bahan dan alat tidak
membahayakan keselamatan dan kesehatan anak
–
Semua tempat
main dipastikan aman (tidak licin untuk main air)
Mendukung
kebutuhan perkembangan anak
–
Setiap sentra menyediakan 3 jenis main
(main sensorimotor, main peran, main pembangunan)
Atraktif,
mandiri, persisten
–
Mengelola
awal lingkungan main dengan bahan-bahan yang cukup (tiga
tempat main untuk setiap anak)
–
Merencanakan untuk intensitas dan densitas pengalaman
–
Memiliki berbagai bahan yang mendukung pengalaman keaksaraan
Mendukung bahasa dan sosial
–
Alat dan
bahan main ditata untuk dua anak atau lebih
–
Untuk alat
dan bahan yang baru sebaiknya disediakan di beberapa tempat
–
Memperkenalkan
alat baru dilakukan secara bertahap, tidak perlu semua alat baru yang berbeda
jenis dikeluarkan
–
Buku
ditata di semua tempat untuk mendukung keaksaraan anak
0 komentar:
Posting Komentar