A. Infancy & Early Childhood (masa bayi dan kanak-kanak awal)
Pada masa ini, anak berada pada usia 0-6 tahun
dan memiliki ciri -ciri antara lain :
a. Belajar berjalan, mengambil makanan padat
b. Belajar bicara
c. Belajar mengontrol eliminasi (urin & fekal)
d. Belajar tentang perbedaan jenis kelamin
e. Membentuk konsep-konsep sederhana mengenai
kenyataan sosial dan fisik
f. Belajar membedakan mana yang benar dan mana yang
salah, mengembangkan hati nurani
g. Belajar mengadakan hubungan emosi
B. Middle childhood (masa sekolah)
Pada masa ini, anak berada pada usia 6-12
tahun dan memiliki ciri -ciri antara lain :
- Membangun
perilaku yang sehat
- Belajar
ketrampilan fisik yang diperlukan untuk permainan-permainan yang luar
biasa
- Belajar bergaul
dengan teman sebaya
- Belajar peran
sosial terkait dengan maskulinitas dan feminitas
- Mengembangkan
ketrampilan dasar seperti membaca, menulis dan berhitung
- Mengembangkan
konsep-konsep yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari
- Membangun
moralitas, hati nurani dan nilai-nilai
- Pencapaian
kemandirian
- Membangun
perilaku dalam kelompok sosial maupun institusi (sekolah)
C. Adolescence (remaja )
Pada masa ini, remaja berada pada usia 12-18
tahun dan memiliki ciri -ciri antara lain :
a. Membina hubungan baru yang lebih dewasa dengan
teman sebaya baik laki maupun perempuan
b. Pencapaian peran sosial maskulinitas atau feminitas
c. Pencapaian kemandirian emosi dari orang tua, orang
lain
d. Pencapaian kemandirian dalam mengatur keuangan
e. Menerima keadaan fisiknya dan menggunakan secara
efektif
f. Memilih dan mempersiapkan pekerjaan
g. Mempersiapkan pernikahan dan kehidupan keluarga
h. Membangun ketrampilan dan konsep-konsep intelektual
yang perlu bagi warga Negara
i.
Pencapaian
tanggungjawab sosial
j.
Memperolah
nilai-nilai dan system etik sebagai penuntun dalam berperilaku
D. Early Adulthood (dewasa muda)
Pada masa ini, mereka berada pada usia 18-30 tahun
dan memiliki ciri -ciri antara lain :
- Memilih pasangan
- Belajar hidup
bersama orang lain sebagai pasangan
- Mulai berkeluarga
- Membesarkan anak
- Mengatur rumah
tangga
- Mulai bekerja
- Mendapat
tanggungjawab sebagai warga Negara
- Menemukan
kelompok sosial yang cocok
E. Middle-age (dewasa lanjut)
Pada masa ini, seseorang yang telah dewasa
lanjut berada pada usia 30-50 tahun dan memiliki ciri -ciri antara lain :
- Mendapat
tanggungjawab sosial dan sebagai warga Negara
- Membangun dan
mempertahankan standard ekonomi keluarga
- Membimbing anak
dan remaja untuk menjadi dewasa yang bertanggungjawab dan menyenangkan
- Mengembangkan
kegiatan-kegiatan di waktu luang
- Membina hubungan
dengan pasangannya sebagai individu
- Mengalami dan
menyesuaikan diri dengan beberapa perubahan fisik
- Menyesuaikan diri
dengan kehidupan sebagai orang tua yang bertambah tua
F. Later maturity (usia lanjut)
Pada masa lanjut, mereka berada pada usia 50
tahun lebih dan memiliki ciri -ciri antara lain :
- Menyesuaikan diri
dengan penurunan kekuatan fisik dan kesehatan
- Menyesuaikan diri
dengan situasi pensiun dan penghasilan yang semakin berkurang
- Menyesuaikan diri
dengan keadaan kehilangan pasangan (suami/istri)
- Membina hubungan
dengan teman sesama usia lanjut
- Melakukan
pertemuan-pertemuan sosial
- Membangun
kepuasan kehidupan
- Kesiapan
menghadapi kematian
3 komentar:
nice info mas
lebih tepatnya mbak, heee. iya makasih.
Assalamualaikum.. Mbak nurul saya mau tanya, mbak nurul mendapatkan teori perkembangan Havinghurst dari buku apa ya mbak ?? kalo saya boleh tahu, buku perkembangan apa namanya ?? saya sedang membutuhkan teori ini untuk Bab II skripsi saya.. terimakasih sebelumnya..
Posting Komentar