Recent Posts

Minggu, 04 Desember 2011

Perkembangan Menurut Robert J. Havighurst

Menurut Robert J. Havighurst, perkembangan dibagi menjadi beberapa macam yaitu diataranya :


AInfancy & Early Childhood  (masa bayi dan kanak-kanak awal)
           
Pada masa ini, anak berada pada usia 0-6 tahun dan memiliki ciri -ciri antara lain :
a.       Belajar berjalan, mengambil makanan padat
b.      Belajar bicara
c.       Belajar mengontrol eliminasi (urin & fekal)
d.      Belajar tentang perbedaan jenis kelamin
e.       Membentuk konsep-konsep sederhana mengenai kenyataan sosial dan fisik
f.       Belajar membedakan mana yang benar dan mana yang salah, mengembangkan hati nurani
g.      Belajar mengadakan hubungan emosi

B. Middle childhood (masa sekolah)

Pada masa ini, anak berada pada usia 6-12 tahun dan memiliki ciri -ciri antara lain :
  1. Membangun perilaku yang sehat
  2. Belajar ketrampilan fisik yang diperlukan untuk permainan-permainan yang luar biasa
  3. Belajar bergaul dengan teman sebaya
  4. Belajar peran sosial terkait dengan maskulinitas dan feminitas
  5. Mengembangkan ketrampilan dasar seperti membaca, menulis dan berhitung
  6. Mengembangkan konsep-konsep yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari
  7. Membangun moralitas, hati nurani dan nilai-nilai
  8. Pencapaian kemandirian
  9. Membangun perilaku dalam kelompok sosial maupun institusi (sekolah)

C. Adolescence (remaja )

Pada masa ini, remaja berada pada usia 12-18 tahun dan memiliki ciri -ciri antara lain :
a.       Membina hubungan baru yang lebih dewasa dengan teman sebaya baik laki maupun perempuan
b.      Pencapaian peran sosial maskulinitas atau feminitas
c.       Pencapaian kemandirian emosi dari orang tua, orang lain
d.      Pencapaian kemandirian dalam mengatur keuangan
e.       Menerima keadaan fisiknya dan menggunakan secara efektif
f.       Memilih dan mempersiapkan pekerjaan
g.      Mempersiapkan pernikahan dan kehidupan keluarga
h.      Membangun ketrampilan dan konsep-konsep intelektual yang perlu bagi warga Negara
i.        Pencapaian tanggungjawab sosial
j.        Memperolah nilai-nilai dan system etik sebagai penuntun dalam berperilaku

D. Early Adulthood (dewasa muda)

Pada masa ini, mereka berada pada usia 18-30 tahun dan memiliki ciri -ciri antara lain :
  1. Memilih pasangan
  2. Belajar hidup bersama orang lain sebagai pasangan
  3. Mulai berkeluarga
  4. Membesarkan anak
  5. Mengatur rumah tangga
  6. Mulai bekerja
  7. Mendapat tanggungjawab sebagai warga Negara
  8. Menemukan kelompok sosial yang cocok


E. Middle-age (dewasa lanjut)

Pada masa ini, seseorang yang telah dewasa lanjut berada pada usia 30-50 tahun dan memiliki ciri -ciri antara lain :
  1. Mendapat tanggungjawab sosial dan sebagai warga Negara
  2. Membangun dan mempertahankan standard ekonomi keluarga
  3. Membimbing anak dan remaja untuk menjadi dewasa yang bertanggungjawab dan menyenangkan
  4. Mengembangkan kegiatan-kegiatan di waktu luang
  5. Membina hubungan dengan pasangannya sebagai individu
  6. Mengalami dan menyesuaikan diri dengan beberapa perubahan fisik
  7. Menyesuaikan diri dengan kehidupan sebagai orang tua yang bertambah tua

F. Later maturity (usia lanjut)

Pada masa lanjut, mereka berada pada usia 50 tahun lebih dan memiliki ciri -ciri antara lain :
  1. Menyesuaikan diri dengan penurunan kekuatan fisik dan kesehatan
  2. Menyesuaikan diri dengan situasi pensiun dan penghasilan yang semakin berkurang
  3. Menyesuaikan diri dengan keadaan kehilangan pasangan (suami/istri)
  4. Membina hubungan dengan teman sesama usia lanjut
  5. Melakukan pertemuan-pertemuan sosial
  6. Membangun kepuasan kehidupan
  7. Kesiapan menghadapi kematian







3 komentar:

lebih tepatnya mbak, heee. iya makasih.

Assalamualaikum.. Mbak nurul saya mau tanya, mbak nurul mendapatkan teori perkembangan Havinghurst dari buku apa ya mbak ?? kalo saya boleh tahu, buku perkembangan apa namanya ?? saya sedang membutuhkan teori ini untuk Bab II skripsi saya.. terimakasih sebelumnya..

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More