Recent Posts

Selasa, 17 Januari 2012

Sumber Belajar di TK


Sumber belajar pada hakekatnya bertujuan untuk mengSettingembangkan berbagai potensi yang sesuai dengan karakteristik anak. Oleh karena itu sumber belajar pada anak TK sangat menentukan keberhasilan mereka kelak. Dengan sumber belajar anak dapat menjelajahi sumber pengalaman belajarnya, sehingga anak termotivasi dan mendapatkan kemudahandalam kegiatan belajarnya. Belajar bagi anak tidak akan dirasakan sebagai beban tetapi menjadi bermain yang menyenangkan dan tidak membosankan.
                Secara umum dilihat dari segi pengembangannya, ada 2 jenis sumber belajar yaitu :
1.       Sumber belajar yang yang direncanakan (by design) yaitu adalah gejala sumber belajar yang secara sengaja dirancang untuk kepentingan pencapaian tujuan pembelajaran tertentu atau sumber belajar yang secara khusus telah dikembangkan untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal.
2.       Sumber belajar yang dimanfaatkan atau digunakan (by utilization) adalah sumber belajar yang   tidak dirancang untuk kepentingan tujuan suatu kegiatan pembelajaran atau sumber belajar yang tidak secara khusus didesain untuk kepentingan pendidikan, namun dapat ditemukan, diaplikasikan dan digunakan untuk keperluan belajar.  Contoh : Pasar, Toko, Musium dll.
Menurut AECT (Association For Educational Communication And Technology) membagi sumber belajar dalam enam jenis, yaitu :
1.       Pesan (Message)
Maksudnya segala informasi yang harus disalurkan oleh komponen yang lain yang berbentuk ide, fakta, pengertian, dan data. Misalnya bahan ajar terdapat kurikuluk RK.
2.       Orang
Yaitu orang yang bertindak sebagai penyimpan dalam penyalur pengolah dan pengkaji pesan. Missal guru mendatangkan para ahli untuk menyampaikan pesan seperti dokter yang menceritakan cara mengobati pasien di Puskesmas.
3.       Bahan
Adalah media/perangkat lunak yang biasanya berisikan pesan yang disampaikan dengan menggunakan peralatan.
4.       Peralatan (Device)
Adalah peramgkat keras yang digunakan untuk menyampaian pesan yang tersimpan dalam bahan.
5.       Teknik/Metode
Prosedur yang disisipkan dalam menggunakan bahan pelajaran, peralatan, situasi dan orang yang menyampaikan pesam. Contoh cara memegang bola tangan yang tepat.
6.       Lingkungan/setting
Situasi disekitar dimana pesan disampaikan dan diterima oleh pelajar.
                Media pembelajaran dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu :
1.       Media Visual adalah media yang menyampaikan pesan melalui penglihatan/media yang hanya dapat di lihat contoh : gambar binatang
2.       Media Audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif atau hanya dapat didengar. Contoh: Radio
3.       Media Audiovisual media yang disebut media pandang dengar, contoh televisi.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More