Sumber belajar pada hakekatnya
bertujuan untuk mengSettingembangkan berbagai potensi yang sesuai dengan
karakteristik anak. Oleh karena itu sumber belajar pada anak TK sangat
menentukan keberhasilan mereka kelak. Dengan sumber belajar anak dapat
menjelajahi sumber pengalaman belajarnya, sehingga anak termotivasi dan
mendapatkan kemudahandalam kegiatan belajarnya. Belajar bagi anak tidak akan
dirasakan sebagai beban tetapi menjadi bermain yang menyenangkan dan tidak
membosankan.
Secara
umum dilihat dari segi pengembangannya, ada 2 jenis sumber belajar yaitu :
1. Sumber
belajar yang yang direncanakan (by design) yaitu adalah gejala sumber belajar
yang secara sengaja dirancang untuk kepentingan pencapaian tujuan pembelajaran
tertentu atau sumber belajar yang secara khusus telah dikembangkan untuk
memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal.
2. Sumber
belajar yang dimanfaatkan atau digunakan (by utilization) adalah sumber belajar
yang tidak dirancang untuk kepentingan
tujuan suatu kegiatan pembelajaran atau sumber belajar yang tidak secara khusus
didesain untuk kepentingan pendidikan, namun dapat ditemukan, diaplikasikan dan
digunakan untuk keperluan belajar.
Contoh : Pasar, Toko, Musium dll.
Menurut AECT (Association For Educational Communication And Technology)
membagi sumber belajar dalam enam jenis, yaitu :
1. Pesan
(Message)
Maksudnya segala informasi yang harus disalurkan oleh
komponen yang lain yang berbentuk ide, fakta, pengertian, dan data. Misalnya
bahan ajar terdapat kurikuluk RK.
2. Orang
Yaitu
orang yang bertindak sebagai penyimpan dalam penyalur pengolah dan pengkaji
pesan. Missal guru mendatangkan para ahli untuk menyampaikan pesan seperti
dokter yang menceritakan cara mengobati pasien di Puskesmas.
3. Bahan
Adalah
media/perangkat lunak yang biasanya berisikan pesan yang disampaikan dengan
menggunakan peralatan.
4. Peralatan
(Device)
Adalah
peramgkat keras yang digunakan untuk menyampaian pesan yang tersimpan dalam
bahan.
5. Teknik/Metode
Prosedur
yang disisipkan dalam menggunakan bahan pelajaran, peralatan, situasi dan orang
yang menyampaikan pesam. Contoh cara memegang bola tangan yang tepat.
6. Lingkungan/setting
Situasi disekitar dimana pesan disampaikan dan diterima
oleh pelajar.
Media
pembelajaran dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu :
1.
Media Visual adalah media yang menyampaikan
pesan melalui penglihatan/media yang hanya dapat di lihat contoh : gambar
binatang
2.
Media Audio adalah media yang mengandung pesan
dalam bentuk auditif atau hanya dapat didengar. Contoh: Radio
3.
Media Audiovisual media yang disebut media
pandang dengar, contoh televisi.
0 komentar:
Posting Komentar