Lingkungan merupakan sumber belajar
yang kaya dan menarik untuk anak, karena lingkungan merupakan tempat yang
sangat menarik bagi anak. Bermain di rerumputan, menghirup udara segar,
mengamati jatuhnya air hujan ke tanah, melihat dan mengamati burung-burung yang
beterbangan dari satu pohon ke pohon lain akan menjadi pengalaman yang sangat
menyenangkan bagi anak.
Pengalaman-pengalaman seperti itu
hanya akan diperoleh anak jika mereka diberi kesempatan untuk memanfaatkan
lingkungan sebagai sumber belajar. Pengalaman belajar anak melalui interaksinya
dengan lingkungan sekitar akan melengkapi pengalaman-pengalaman belajarnya yang
didapatkan dalam ruang kelas. Jika saat didalam kelas anak diperkenalkan oleh guru
mengenai binatang dan dengan memanfaatkan lingkungan, anak akan memperoleh
pengalaman lebih banyak lagi.
Dalam memanfaatkan lingkungan, guru
dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang biasanya dialami didalam ruang kelas ke
alam terbuka dimana dalam hal ini lingkungan, misalnya guru bercerita mengenai
seekor burung dan kelinci. Anak akan mendapat nuansa berbeda jika guru
menceritakannya dengan mengajak ke tempat tertentu yang terdapat pohon dan
burung-burung yang berterbangan.
Selain itu, memanfaatkan lingkungan
sekitar dengan membawa anak-anak untuk mengamati lingkungan akan menambah
keseimbangan dalam kegiatan belajar, artinya belajar tidak hanya dapat
dilakukan di dalam kelas namun juga dapat dilakukan di lingkungan sekitar.
Dan sebenarnya, memanfaatkan
lingkungan sebagai sumber belajar untuk anak TK sangat berpengaruh terhadap
perkembangan fisik, ketrampilan social dan pengetahuan budaya, perkembagan emosional, serta
intelektual.
0 komentar:
Posting Komentar