Recent Posts

Selasa, 17 Januari 2012

Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak


Lingkungan merupakan sumber belajar yang kaya dan menarik untuk anak, karena lingkungan merupakan tempat yang sangat menarik bagi anak. Bermain di rerumputan, menghirup udara segar, mengamati jatuhnya air hujan ke tanah, melihat dan mengamati burung-burung yang beterbangan dari satu pohon ke pohon lain akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anak.
Pengalaman-pengalaman seperti itu hanya akan diperoleh anak jika mereka diberi kesempatan untuk memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Pengalaman belajar anak melalui interaksinya dengan lingkungan sekitar akan melengkapi pengalaman-pengalaman belajarnya yang didapatkan dalam ruang kelas. Jika saat didalam kelas anak diperkenalkan oleh guru mengenai binatang dan dengan memanfaatkan lingkungan, anak akan memperoleh pengalaman lebih banyak lagi.
Dalam memanfaatkan lingkungan, guru dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang biasanya dialami didalam ruang kelas ke alam terbuka dimana dalam hal ini lingkungan, misalnya guru bercerita mengenai seekor burung dan kelinci. Anak akan mendapat nuansa berbeda jika guru menceritakannya dengan mengajak ke tempat tertentu yang terdapat pohon dan burung-burung yang berterbangan.
Selain itu, memanfaatkan lingkungan sekitar dengan membawa anak-anak untuk mengamati lingkungan akan menambah keseimbangan dalam kegiatan belajar, artinya belajar tidak hanya dapat dilakukan di dalam kelas namun juga dapat dilakukan di lingkungan sekitar.
Dan sebenarnya, memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar untuk anak TK sangat berpengaruh terhadap perkembangan fisik, ketrampilan social dan pengetahuan  budaya, perkembagan emosional, serta intelektual.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More