RENCANA
PEMBELAJARAN HARIAN
PAUD
“AR-ROHMAN”
SEMANGGI II NGANJUK
SENTRA PERSIAPAN
KELOMPOK
UMUR : 3 – 4 TAHUN
TEMA : ALAT KOMUNIKASI
SUB
TEMA : MEDIA ELEKTRONIK
POKOK
BAHASAN : KOMPUTER
HARI / TANGGAL :
TUJUAN PEMBELAJARAN :
-
Anak mengerti
bagian-bagian dari komputer
-
Anak mengenal
bentuk-bentuk geometri yang ada di komputer
-
Anak dapat membilang, menyebutkan, dan menunjukkan
bilangan 1 - 10
-
Anak mengetahui
tugas dan fungsi komputer
-
Anak dapat
mengoperasikan komputer secara sederhana
-
Mengenal bentuk-bentuk
geometri
-
Anak dapat
menceritakan gambar yang dilihatnya
KONSEP MATERI :
-
Melompat jauh
melewati rintangan/tali setinggi 25 cm
-
Melompat dengan
satu kaki
-
Mengelompokkan
benda-benda yang serupa
-
Menggunting bebas
-
Melipat kertas
mengikuti garis
-
Membuat berbagai
bentuk dengan menggunakan plastisin/playdough
-
Menyebutkan
nama-nama benda
-
Menyebutkan
fungsi dari suatu benda
-
Bercerita tenteng
gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri
-
Mengenal fungsi
benda dengan benar
-
Mencocok 2 bentuk
( lingkaran, segitiga, segi empat)
-
Memahali konsep
banyak >< sedikit, besar >< kecil.
-
Memahami konsep
buka >< tutup, keluar >< masuk
-
Menyebutkan
bilangan 1 – 10 tanpa mengenal konsep
-
Membilang dan
menunjukkan benda samapi dengan 5
ALAT
DAN BAHAN MATERI :
-
Kertas bergambar
orang yang sedang mengoperasikan komputer 1 lembar
-
Balok berongga 5
set
-
Wadah plastik 15
buah
-
Kertas berpola
bagian-bagian dari komputer 5 lembar
-
Kertas hvs putih
5 lembar
-
Gunting 5 buah
-
Kertas lipat
warna 5 lembar
-
Kertas hvs putih
5 lembar
-
Playdough
-
Kertas hvs warna
berpola lingkaran 5 lembar
-
Kertas hvs warna
berpola segiempat 5 lembar
-
Alat mencocok 5
buah
-
Kertas hvs putih
5 lembar
-
Kertas sokung
pola segi empat 25 lembar
-
Kertas sokung
pola lingkaran 25 lembar
-
Lem 5 buah
-
Kertas hvs putih
5 lembar
PIJAKAN LINGKUNGAN MAIN : (waktu 30 menit : 06.45 – 07.15)
10 anak : 6 ragam main, 30 tempat main
- Mengelompokkan
benda yang tidak serupa
> mengelompokkan balok berongga berdasarkan bentuknya
-
Menggunting bebas
>
Menggunting kertas berpola bagian-bagian dari komputer
-
Melipat kertas
mengikuti garis
>
Melipat bentuk segi empat 2 lipatan
-
Membuat berbagai
bentuk dengan menggunakan playdough
>
Membentuk bagian-bagian komputer dari playdough
-
Mencocok 2 bentuk
>
Mencocok bentuk segiempat dan lingkaran dari kertas hvs warna
-
Menempel kertas
berpola
>
Menempel kertas berpola segiempat dan lingkaran masing-masing berjumlah 5
>
Setelah ditempel anak menghitung jumlah yang ditempel
KEGIATAN MAIN PEMBUKAAN :
(waktu 20 menit : 07.30 – 07.50)
-
Anak senam sambil
bernyanyi dengan memasukkan materi melompat-lompat kesamping kanan, kiri,
depan, belakang, dan melompat dengan satu kaki
-
Anak bermain
lompat tali setinggi 25 cm
-
Anak
dipersilahkan ketoilet
-
Anak
dipersilahkan untuk minum
-
Pembagian
sentra-sentra
PIJAKAN SEBELUM MAIN :
(waktu 20 menit : 07.50 – 08.10)
-
Berdoa dan salam
pembuka
-
Menanyakan kabar
dan keadaan anak
Ø ”Apa kabar teman-teman hari ini?”
Ø ”Teman-teman hari ini bermain disentra persiapan, apakah
teman-teman senang?”
-
Bercerita tentang
gambar
Ø Gambar orang yang sedang mengoperasikan komputer
Ø Anak secara bergiliran menceritakan isi gambar
-
Menjelaskan
manfaat/fungsi dan tugas komputer
Ø Mengajak anak untuk menyalakan komputer
-
Kosakata
Ø Monitor, Keyboard, CPU, Mouse, Tombol Power
Ø Internet, Mengetik.
-
Membuat gagasan
dan ide main
Ø Anak diajak berkeliling untuk melihat permaiinan dan cara
mainnya
-
Membuat
kesepakatan main
Ø Anak main dengan siapa (sesuai pilihannya, atau
ditentukan pendidik)
-
Membuat aturan
main
Ø Bermain secara bergantian
Ø Menunggu giliran dengan tertib
Ø Bermain harus diselesaikan
Ø Merapikan mainan setelah mengerjakan
PIJAKAN SAAT MAIN :
(waktu 60 menit : 08.10 – 09.10)
-
Anak bermain
-
Pendidik
memperhatikan dan memotivasi anak saat main
-
Pendidik membantu
yang benar-benar membutuhkan
-
Pendidik tidak
bertanya kepada anak saat anak main
-
Pendidik
menberikan dukungan main kepada anak yang sudah selesai main namun masih ada waktu untuk bermain
-
Pendidik
mengobservasi semua kegiatan yang dilakukan anak
-
Pendidik
mengingatkan kepada anak ketika waktu main kurang 5 menit
PIJAKAN SETELAH MAIN : (waktu 10 menit : 09.10 – 09.20)
-
Membereskan
mainan
-
Berkumpul membuat
lingkaran (recalling)
-
Bercerita yang
sudah dimainkan
-
Menanyakan jumlah
ragam main yang sudah dimainkan anak dan anak diminta untuk menghitungnya
-
Menanyakan
keadaan anak ketika bermain tadi
ISTIRAHAT :
(waktu 25 menit : 09.20 – 09.45)
-
Cuci tangan
-
Berdo’a sebelum
makan
-
Makan bersama
-
Berdo’a sesudah
makan
-
Bermain bebas
diluar ruangan
IMTAQ :
(waktu 30 menit : 90.45 – 10.15)
-
Hafalan do’a
sebelum dan sesudah masuk kamar mandi
-
Hafalan do’a
keselamatan
-
Mengaji huruf
hijaiyah (qiro’ati)
KEGIATAN PENUTUP :
(waktu 15 menit : 10.15 – 10.30)
-
Anak memakai
sepatu dan tas sendiri-sendiri
-
Berdo’a dan salam
penutup
-
Anak pulang
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Sentra
( ) ( )
1 komentar:
bagus nih kontennya. Thanks
Posting Komentar