Recent Posts

Selasa, 15 Januari 2013


RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
PAUD “AR-ROHMAN”
SEMANGGI II NGANJUK

SENTRA PERSIAPAN
                                             KELOMPOK UMUR   : 3 – 4 TAHUN
                                             TEMA                        : ALAT KOMUNIKASI
                                             SUB TEMA               : MEDIA ELEKTRONIK
                                             POKOK BAHASAN   : KOMPUTER

HARI / TANGGAL     :
TUJUAN PEMBELAJARAN     :    
-    Anak mengerti bagian-bagian dari komputer
-    Anak mengenal bentuk-bentuk geometri yang ada di komputer
-    Anak dapat  membilang, menyebutkan, dan menunjukkan bilangan 1 - 10
-    Anak mengetahui tugas dan fungsi komputer
-    Anak dapat mengoperasikan komputer secara sederhana
-    Mengenal bentuk-bentuk geometri
-    Anak dapat menceritakan gambar yang dilihatnya       
KONSEP MATERI                    :    
-    Melompat jauh melewati rintangan/tali setinggi 25 cm
-    Melompat dengan satu kaki
-    Mengelompokkan benda-benda yang serupa
-    Menggunting bebas
-    Melipat kertas mengikuti garis
-    Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin/playdough
-    Menyebutkan nama-nama benda
-    Menyebutkan fungsi dari suatu benda
-    Bercerita tenteng gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri
-    Mengenal fungsi benda dengan benar
-    Mencocok 2 bentuk ( lingkaran, segitiga, segi empat)
-    Memahali konsep banyak >< sedikit, besar >< kecil.
-    Memahami konsep buka >< tutup, keluar >< masuk
-    Menyebutkan bilangan 1 – 10 tanpa mengenal konsep
-    Membilang dan menunjukkan benda samapi dengan 5 
ALAT DAN BAHAN MATERI   :
-    Kertas bergambar orang yang sedang mengoperasikan komputer 1 lembar
-    Balok berongga 5 set
-    Wadah plastik 15 buah
-    Kertas berpola bagian-bagian dari komputer 5 lembar
-    Kertas hvs putih 5 lembar
-    Gunting 5 buah
-    Kertas lipat warna 5 lembar
-    Kertas hvs putih 5 lembar
-    Playdough
-    Kertas hvs warna berpola lingkaran 5 lembar
-    Kertas hvs warna berpola segiempat 5 lembar
-    Alat mencocok 5 buah
-    Kertas hvs putih 5 lembar
-    Kertas sokung pola segi empat 25 lembar
-    Kertas sokung pola lingkaran 25 lembar
-    Lem 5 buah
-    Kertas hvs putih 5 lembar
PIJAKAN LINGKUNGAN MAIN     :     (waktu 30 menit : 06.45 – 07.15)
               10 anak : 6 ragam main, 30 tempat main
-   Mengelompokkan benda yang tidak serupa
> mengelompokkan balok berongga berdasarkan bentuknya
-    Menggunting bebas
                > Menggunting kertas berpola bagian-bagian dari komputer
-    Melipat kertas mengikuti garis
                > Melipat bentuk segi empat 2 lipatan
-    Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan playdough
                > Membentuk bagian-bagian komputer dari playdough
-    Mencocok 2 bentuk
                > Mencocok bentuk segiempat dan lingkaran dari kertas hvs warna
-    Menempel kertas berpola
                                    > Menempel kertas berpola segiempat dan lingkaran masing-masing berjumlah 5
                                    > Setelah ditempel anak menghitung jumlah yang ditempel                       
KEGIATAN MAIN PEMBUKAAN   : (waktu 20 menit : 07.30 – 07.50)
-    Anak senam sambil bernyanyi dengan memasukkan materi melompat-lompat kesamping kanan, kiri, depan, belakang, dan melompat dengan satu kaki
-    Anak bermain lompat tali setinggi 25 cm
-    Anak dipersilahkan ketoilet
-    Anak dipersilahkan untuk minum
-    Pembagian sentra-sentra  
PIJAKAN SEBELUM MAIN      : (waktu 20 menit : 07.50 – 08.10)
-    Berdoa dan salam pembuka
-    Menanyakan kabar dan keadaan anak
Ø  ”Apa kabar teman-teman hari ini?”
Ø  ”Teman-teman hari ini bermain disentra persiapan, apakah teman-teman senang?”
-    Bercerita tentang gambar
Ø  Gambar orang yang sedang mengoperasikan komputer
Ø  Anak secara bergiliran menceritakan isi gambar
-    Menjelaskan manfaat/fungsi dan tugas komputer
Ø  Mengajak anak untuk menyalakan komputer
-    Kosakata
Ø  Monitor, Keyboard, CPU, Mouse, Tombol Power
Ø  Internet, Mengetik.
-    Membuat gagasan dan ide main
Ø  Anak diajak berkeliling untuk melihat permaiinan dan cara mainnya
-    Membuat kesepakatan main
Ø  Anak main dengan siapa (sesuai pilihannya, atau ditentukan pendidik)
-    Membuat aturan main
Ø  Bermain secara bergantian
Ø  Menunggu giliran dengan tertib
Ø  Bermain harus diselesaikan
Ø  Merapikan mainan setelah mengerjakan
PIJAKAN SAAT MAIN             : (waktu 60 menit : 08.10 – 09.10)
-    Anak bermain
-    Pendidik memperhatikan dan memotivasi anak saat main
-    Pendidik membantu yang benar-benar membutuhkan
-    Pendidik tidak bertanya kepada anak saat anak main
-    Pendidik menberikan dukungan main kepada anak yang sudah selesai main namun  masih ada waktu untuk bermain
-    Pendidik mengobservasi semua kegiatan yang dilakukan anak
-    Pendidik mengingatkan kepada anak ketika waktu main kurang 5 menit
PIJAKAN SETELAH MAIN       :  (waktu 10 menit : 09.10 – 09.20)
-    Membereskan mainan
-    Berkumpul membuat lingkaran (recalling)
-    Bercerita yang sudah dimainkan
-    Menanyakan jumlah ragam main yang sudah dimainkan anak dan anak diminta untuk menghitungnya
-    Menanyakan keadaan anak ketika bermain tadi
ISTIRAHAT                              : (waktu 25 menit : 09.20 – 09.45)
-    Cuci tangan
-    Berdo’a sebelum makan
-    Makan bersama
-    Berdo’a sesudah makan
-    Bermain bebas diluar ruangan
IMTAQ                                     : (waktu 30 menit : 90.45 – 10.15)
-    Hafalan do’a sebelum dan sesudah masuk kamar mandi
-    Hafalan do’a keselamatan
-    Mengaji huruf hijaiyah (qiro’ati)
KEGIATAN PENUTUP             : (waktu 15 menit : 10.15 – 10.30)
-    Anak memakai sepatu dan tas sendiri-sendiri
-    Berdo’a dan salam penutup
-    Anak pulang


                  Mengetahui
               Kepala Sekolah                                                         Guru Sentra



          (                                )                                           (                                    )

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More