Recent Posts

Selasa, 15 Januari 2013

Seni Suara untuk Anak


Seni suara adalah hal yang tak mungkin dipisahkan dari dunia anak, khususnya anak usia dini. Baik di pembelajaran formal dan nonformal bernyanyi menjadi  kegiatan yang amat menyenangkan . Anak sangat  antusias ketika diajak untuk bernyanyi bersama sambil menggoyang-goyangkan badan.
Kadang saya sendiri tertawa geli melihat tingkah polah mereka yang mengikuti apa yang dinyanyikan oleh tutor.
Seni suara juga dijadikan ajang perlombaan bagi anak misalnya dalam Hari Anak Nasional (HAN). Untuk itu pendidik perlu menyiapkan anak untuk menjadi peserta lomba dan saya akan mencoba memberikan tips bagi pendidik agar dapat mempersiapkan anak dengan matang :
  1. Siapkanlah anak jauh-jauh hari, kira-kira pertengahan tahun sudah dapat menemukan anak yang berbakat.
  2. Berikan pembinaan pada calon peserta seperti menghafal syair lagu, kemampuan dalam menguasai nada, kemampuan berirama, kemampuan berekspresi dan berkoreografi
  3. Sesuaikan lagu dengan karakter anak. Misal anak yang pendiam berikan lagu yang menyentuh atau anak yang aktif berikan lagu yang ceria.

Yang perlu diperhatikan dalam mengajarkan seni suara pada anak selain pada vokal juga pada teknik bernyanyi dan ekspresi  yang akan ditampilkan. Berilah mereka motifasi agar percaya diri saat berada diatas panggung. Dan juga ajarkan untuk tersenyum ya ibu -ibu.
Trimakasih 

Reaksi:

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More