Recent Posts

Selasa, 15 Januari 2013

Gerak dan tari untuk anak


Pemupukan minat anak sejak dini akan memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi perkembangan anak pada masa depan. Oleh karenanya berbagai minat perlu dilatih terutama pada pembelajaran tari karena pembelajaran tari dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan kepada anak baik dalam kelompok besar maupun kelompok kecil. Keharmonisan anak dalam kelompok menari merupakan hasil kerjasama mereka. Dalam membangun kekompakan, secara tidak langsung perasaan ingin menang sendiri pada anak mulai menghilang, perasaan setia kawan muncul semakin erat, rasa ingin menghargai akan Nampak dan semuanya datang secara alami.
  Stimulus yang diberikan guru untuk kegiatan tari lebih bervariasi dan sebaiknya berkelompok berbentuk verbal dan nonverbal, agar merangsang minat mereka untuk bekerja dalam kelompok. Stimulus yang dimaksud berbentuk pengalaman belajar yang pernah dialami dan dekat dengan mereka. Dan kegiatan tari mampu memberi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anak.
Kegiatan tari yang sesuai dengan minat anak sering kurang mendapat perhatian dari guru. Kondisi ini disebabkan kemampuan guru dalam merancang dan mengajarkan seni tari masih terbatas, sehingga walau diajarkan hanya dengan cara menirukan gerak yang diciptakan oleh guru dan kemungkinan kurang menarik bagi anak sehingga minat anak tidak dikembangkan. Untuk itu seorang guru tari anak usia dini harus memahami karakteristik anak, dan menciptakan tari dengan cara variatif dan menarik minat melalui berbagai macam aktivitas anak seperti memanfaatkan potensi gerak anak menjadi sesuatu yang positif.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More