Pemupukan
minat anak sejak dini akan memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi
perkembangan anak pada masa depan. Oleh karenanya berbagai minat perlu dilatih
terutama pada pembelajaran tari karena pembelajaran tari dapat memberikan
pengalaman belajar yang menyenangkan kepada anak baik dalam kelompok besar
maupun kelompok kecil. Keharmonisan anak dalam kelompok menari merupakan hasil
kerjasama mereka. Dalam membangun kekompakan, secara tidak langsung perasaan
ingin menang sendiri pada anak mulai menghilang, perasaan setia kawan muncul
semakin erat, rasa ingin menghargai akan Nampak dan semuanya datang secara
alami.
Stimulus yang diberikan guru untuk kegiatan
tari lebih bervariasi dan sebaiknya berkelompok berbentuk verbal dan nonverbal,
agar merangsang minat mereka untuk bekerja dalam kelompok. Stimulus yang
dimaksud berbentuk pengalaman belajar yang pernah dialami dan dekat dengan
mereka. Dan kegiatan tari mampu memberi pengalaman yang sangat menyenangkan
bagi anak.
Kegiatan
tari yang sesuai dengan minat anak sering kurang mendapat perhatian dari guru.
Kondisi ini disebabkan kemampuan guru dalam merancang dan mengajarkan seni tari
masih terbatas, sehingga walau diajarkan hanya dengan cara menirukan gerak yang
diciptakan oleh guru dan kemungkinan kurang menarik bagi anak sehingga minat
anak tidak dikembangkan. Untuk itu seorang guru tari anak usia dini harus
memahami karakteristik anak, dan menciptakan tari dengan cara variatif dan
menarik minat melalui berbagai macam aktivitas anak seperti memanfaatkan
potensi gerak anak menjadi sesuatu yang positif.
0 komentar:
Posting Komentar