Pendidikan untuk anak usia dini memiliki prinsip khusus. Hal ini dirumuskan oleh Tina Bruce (1987) sebagaimana ditulis oleh Aswarni Sujud (1987) dan selanjutnya diragkum menjadi 10 prinsip pendidikan anak usia dini, antara lain :
1. Usia anak adalah sebagian dari kehidupan secara keseluruhan, merupakan masa persiapan untuk menghadapi kehidupan yang akan datang.
2. Fisik, mental dan kesehatan sama pentingnya seperti berpikir dan aspek psikis lainnya. Keseluruhan aspek anak merupakan pertimbangan penting
3. Pembelajaran pada usia dini saling terkait, tidak dapat dipisahkan.
4. Mtivasi intrinsic akan menghasilkan inisiatif sendiri (self directed activity) yang sangat bernilai.
5. Program pendidikan pada anak usia dini perlu menekankan disiplin.
6. Masa peka untuk mempelajari sesuatu pada tahap perkembangan tertentu perlu diobservasi.
7. Titik tolak hendaknya pada apa yang dapat dikerjakan anak, bukan apa yang tidak dapat dikerjakan anak.
8. Suatu kehidupan terjadi dalam diri anak (Innerlife) khususnya pada kondisi yang menunjang.
9. Orang-orang yang ada disekitar anak dalam melaksanakan interaksi dengan anak merupaka hal yang penting.
10. Pendidikan anak usia dini merupakan interaksi antara anak dengan lingkungan, dimana dalam lingkungan tersebut termasuk orang dewasa dan pengetahuan itu sendiri.
Diperoleh dari buku “KONSEP DASAR PENDIDIKAN AUD”
2 komentar:
i love this blog!
terimakasih.
canal
bagus banget postingannya! Trims
Posting Komentar