Recent Posts

Kamis, 21 Juli 2011

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Apa itu pertumbuhan dan perkembangan ? pertumbuhan dan perkembangan merupakan factor yang kotinu dalam kehidupan anak anda. Kedua proses ini berlansung secara interpenden, saling berlangsung satu sama lainnya.
Definisi pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat, dalam passage (peredaran waktu) tertentu.
Hasil pertumbuhan antara lain berwujud pada bertambah panjangnya badan anak, tubu bertambah berat, tulang-tulang bertambah besar-panjang-kuat-berat, dan perubahan-perubahan pada struktur jasmaniyah lainnya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan organis antara lain :
a.     Faktor sebelum lahir , umpama : peristiwa kekurangan nutrisi pada ibu dan janin, misal janin terkena virus, keracunan sewaktu bayi dalam kandungan contohnya terkena infeksi oleh bakteri syphilis, TBC, kolera, sakit gula (diabetes melitus) dll.
b.     Faktor ketika lahir, antara lain: Intracranial Haemorrahage atau pendarahan pada bagian kepala bayi, disebabkan oleh tekanan pada dinding rahim ibu sewaktu ia dilahirkan.
c.      Faktor sesudah lahir, antara lain : oleh pengalaman traumatik (luka-luka) pada kepala, kepala bagian dalam terluka karena bayi jatuh, kepala terpukul/ mengalami serangan sinar matahari (zonnesteek). Infeksi pada otak/selaput otak, contohnya : penyakit gabag, malaria tropika, dyptheria, dll.
d.     Faktor psikologis, antara lain : bayi ditinggalkan ibu, ayah atau kedua orang tuanya. Sebab lain ia ialah anak dititipkan dalam suatu institusionalisasi (RS, rumah yatim piatu, )
Sedangkan definisi perkembangan adalah perubahan-perubahan psikofisik sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi psikis dan fisik pada anak, ditunjang oleh faktor lingkungan dan proses belajar dalam passage waktu tertentu, menuju kedewasaan.
Perkembangan dalam pengertian sempit bisa disebut sebagai :
“ Proses pematangan fungsi-fungsi yang non-fisik ”
Setiap fenomenon/gejala perkembangan anak merupakan produk dari kerja sama dan pengaruh timbal balik antara potensialitas hereditas dengan faktor lingkungan.
Jelasnya perkembangan merupakan produk dari :
1.     Pertumbuhan berkat pematangan fungsi-fungsi fisik.
2.     Pematangan fungsi-fungsi fisik dan,
3.     Usaha belajar oleh subjek/anak, dalam melombakan segenap potensialitas rokhani dan jasmaninya.   



Dari berbagai sumber.

2 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More