Recent Posts

Jumat, 30 Desember 2011

CARA MENANGANI KENAKALAN ANAK

Kenakalan yang dilakukan oleh seorang anak sebenarnya normal-normal saja, karena mereka sedang mengalami fase perkembangan. Di fase ini anak sedang belajar untuk mengontrol tubuh mereka sendiri, memahami lingkungan sekitarnya, serta belajar nilai-nilai dalam keluarga dan masyarakat. Mereka banyak melakukan percobaan (eksperimen) terhadap sesuatu yang menarik perhatian dan belum mereka ketahui: bagian tubuh, hewan-hewan, perkakas di rumah, tumbuh-tumbuhan dan obyek-obyek lainnya.  Namun terkadang karena ulah mereka orang tua kadang kewalahan karena selain membuat rumah berantakan anak-anak juga sering merusak perabot rumah.
            Menurut Jean Piaget, seorang tokoh psikologi, mereka masih berada dalam tahap perkembangan kognitif pra-operasional (sekitar usia 2—7 tahun). Pada tahap ini anak sering kali secara kognitif salah dan irasional dalam memahami sesuatu, kemampuan kognitif (pikiran) mereka masih belum sempurna. Misalnya, anak yang mendapati pakaiannya semakin lama semakin kecil dan tidak pas dipakai, biasanya akan berpikir secara irasional bahwa pakaian itu bisa mengecil jika lama dipakai, padahal sebenarnya bukan pakaian yang menjadi kecil, akan tetapi dialah yang semakin membesar tubuhnya. Mereka juga sering salah dalam menentukan mana yang dapat diterima dan yang tidak dapat diterima secara moral. Kohlberg yang juga seorang tokoh psikologi menyebut anak-anak masih berada dalam tahapan moral pra-konvensional (terjadi kira-kira sebelum usia 9 tahun). Pada tahap ini anak tidak memperlihatkan internalisasi nilai-nilai moral, penalaran moral anak dikendalikan oleh imbalan/hadiah dan hukuman internal. Anak-anak taat karena orang dewasa menuntut mereka untuk taat, karena jika tidak mereka akan mendapat hukuman. Apa yang benar adalah apa yang dirasakan baik dan apa yang dianggap menghasilkan hadiah dan kesenangan.
            Banyak sekali factor yang meyebabkan anak menjadi nakal, seperti :
1.      Orang tua kurang perhatian kepada anaknya
2.      Orang tua terlalu atau berlebihan dalam menangani anaknya sehingga anak menjadi manja.
3.      Orang tua tidak memberikan contoh yang benar kepada anak-anaknya.
4.      Lingkungan yang buruk
5.      Tejadi kesalahan dalam cara mendidik, seperti saat orang tua memukul anaknya.
Dan cara untuk menangani anak nakal adalah :
1.      Ketahui terlebih dahulu penyebab utama anak menjadi nakal, karena hal daapt membantu anda dalam menangani anak anda sendiri.
2.      Orag tua harus lebih memperhatikan anaknya, bersikap baiklah dan tanya kepada anak anda apa yang menyebabkan dia menjadi seperti itu.
3.      Saat anak melakukan kesalahan jagan langsung memukul atau memarahinya, namun hal pertama yang harus anda lakukan adalah menanyainya dengan baik, dan mengatakan padanya untuk tidak mengulangi hal tersebut.
4.      Berilah perhatian kepada anak, namun dalam batas wajar jangan sampai berlebihan karena bila anak diberikan perhatian yang berlebih mereka dapat menjadi manja.
5.      Sangsi atau hukuman juga diperlukan bila mereka tidak mendengarkan perkataan anda. Namun jangan memberikan hukuman fisik karena bisa saja anak anda menganggap anda adalah orang tua yang jahat.  

4 komentar:

Kenakalan anak sudah banyak pengaruhnya antara lain pengaruh TV, Internet dan lain-lain.

terima kasih untuk informasinya, sangat bermanfaat sekali

Makasih yaa teorinya sangat bermanfaat..

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More